Home » , » 64 tahun Indonesia merdeka (17/08/1945-17/08/2009)

64 tahun Indonesia merdeka (17/08/1945-17/08/2009)


Merdeka, merdeka... begitulah teriakan kebebasan yang diteriakkan oleh para pejuang dan rakyat Indonesia 64 tahun yang lalu. Teriakan yang mengandung arti dan pengharapan.
Merdeka dalam arti terbebas dari penjajahan (kolonialisme) dan lahirnya sebuah negara baru INDONESIA. Dan sebuah pengharapan akan sebuah kehidupan yang lebih baik untuk mereka dan anak cucunya.
64 tahun sudah Indonesia merdeka, banyak hal yang telah dicapai bangsa ini dan hal inipun telah diakui dunia internasional. Tapi apakah benar kita sudah merdeka??? Mungkin kita telah merdeka dari penjajahan fisik, tetapi kita sama sekali belum merdeka secara ekonomi, kita masih TERJAJAH.
Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya hutang luar negeri kita yang mencapai milyaran dollar buat orang awam seperti saya membayangkan uang segitu bikin pusing (duit segitu nol-nya ada berapa ya). Taraf hidup rakyat khususnya rakyat kecil masih rendah, bahkan untuk makanpun kadang mereka makan nasi aking atau ketela bahkan adapula yang sampai makan serangga karena mereka tidak punya uang untuk beli beras.
Dalam dunia pendidikan pun keadaannya sama. Pendidikan kita mahal. Walaupun sudah ada pendidikan dasar gratis, tetapi hanya spp nya saja yang gratis. Pendidikan tinggi sedemikian mahalnya, sehingga hanya orang-orang berkantung tebal sajalah yang mampu mencicipi pendidikan tinggi. Sedangkan orang yang mampu dalam kecerdasan dan kepandaiannya tetapi tidak mampu secara materi, hampir tidak punya akses mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Mungkin para pejuang yang masih hidup ataupun yang di alam baka sana, tidak pernah membayangkan Indonesia yang seperti ini. Mungkin harapan mereka Indonesia ini merdeka dari segala macam penjajahan.
Sekaranglah saatnya generasi muda negeri ini untuk melanjutkan perjuangan para pejuang dan pendiri bangsa ini, dengan segala kemampuan yang kita punya, untuk Indonesia yang lebih baik.
Merdeka...merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia.

Baca Juga Yang Ini ...

1 komentar:

blogger mengatakan...

Your blog is too good and to cool..really like it.

Posting Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs