Home » , , » Kurma, Manfaat dan Info Seputarnya

Kurma, Manfaat dan Info Seputarnya



Buah kurma identik dengan bulan Ramadhan. Anda bisa lihat dimana-mana banyak yang menjajakan buah ini pada bulan suci Ramadhan. Buah yang kebanyakan berasal dari Semenajung Arab ini memang banyak dicari pada saat bulan puasa ini. Pohon kurma adalah salah satu pohon tertua didunia.
Asal pohon kurma sendiri belum dapat dipastikan. Ada yang menyebut daerah Babel di Irak sebagai tempat asal pohon kurma,
sementara yang lain menyebutkan asal pohon kurma adalah Dareen atau Hoof di Saudi Arabia, atau Harqan sebuah pulau diteluk Arab di negara Bahrain.
Pohon kurma terbagi menjadi pohon jantan dan pohon betina. Hanya pohon betina saja yang bisa berbuah, sedangkan pohon yang jantan biasanya dimanfaatkan kayunya. Pohon kurma biasanya berbuah lima tahun semenjak ditanam. Sedangkan usia pohon kurma sendiri bisa mencapai 150 tahun.
Penyebaran pohon kurma saat ini ada di Timur Tengah, Afrika Utara dan Sahel selatan (suatu daerah antara Afrika Timur dan Selatan). Penyebaran pohon kurma pun mencapai Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan Eropa bagian selatan yaitu di Spanyol dan Italia. Sedangkan daerah produsen kurma terbesar adalah Timur Tengah dan Afrika Utara.
Buah kurma (Phoenix dactylifera) atau Tamar di Arab, mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kurma banyak memiliki kandungan yang bermanfaat antara lain zat besi, potasium (150 mg dalam 100 gram), magnesium, sulphur, copper, kalsium dan phospor. Di dalam buah kurma juga terdapat beragam vitamin termasuk thiamine, riboflavin, biotin, folic dan asam askorbat. Kandungan air dalam buah kurma sekitar 13,8%, protein sekitar 3 % dan gula sebanyak 70%.
Menurut penelitian WHO kandungan gula dalam buah kurma berbeda dengan gula pada buah-buahan yang lain seperti gula tebu atau gula pasir yang mengandung sukrosa, dimana zat tersebut tidak dapat langsung diserap oleh tubuh. Sukrosa tersebut harus diuraikan terlebih dahulu oleh enzim sehingga menjadi glukosa. Sedangkan kandungan gula dalam buah kurma dapat langsung diserap tubuh segera setelah kita memakannya.
Potasium yang terkandung dalam buah kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Sedangkan zat besi dan kalsium dapat meminimalkan resiko terkena penyakit jantung.
Buah kurma juga bermanfaat bila dikonsumsi anak-anak. Khasiatnya untuk mencerdaskan otak anak (tapi jangan lupa belajar). Seperti anjuran Rasulullah untuk para istri yang sedang hamil:

Berilah makan buah kurma kepada istri-istri kamu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa a.s. adalah buah kurma. Sekiranya Allah S.W.T menjadikan suatu buah yang lebih baik dari buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam (H.R Bukhari)

Kurma juga berhasiat untuk wanita yang sedang nifas (setelah melahirkan) dan ibu menyusui. Hal ini diperkuat oleh para ahli kedokteran bahwa unsur zat besi dan kalsium yang terknadung dalam buah kurma sangat berguna untuk menambah kandungan air susu ibu. Bagi balita buah kurma bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sumsum tulang belakang.
Dengan semua manfaat buah kurma yang telah dipaparkan diatas, alangkah baiknya kalau kita berbuka puasa lebih dulu dengan buah kurma dan segelas air putih sebelum berlanjut ke hidangan utama. Seperti sabda Rasulullah:
Apabila ada salah seorang diantara kamu berpuasa, hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada hendaklah berbuka dengan air sesungguhnya air itu bersih (H.R Ahmad dan Tirmidzi).

Semoga bermanfaat. Wassalam.


info:
islamOnline.net
pinginpintar.com

Baca Juga Yang Ini ...

0 komentar:

Posting Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs