Home » , , » Puasa dan Kesehatan

Puasa dan Kesehatan

Gak terasa sudah sepuluh hari kita berpuasa di bulan Ramadhan , itu juga kalau belum pada kalah puasanya. Puasa itu gak bakal bikin kita sakit ataupun kurang gizi, sebaliknya puasa itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.
Dari aspek kesehatan dengan berpuasa kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
Dengan berpuasa kita juga memberikan organ tubuh kita terutama organ pencernaan, waktu untuk beristirahat. Kalau pada saat kita tidak berpuasa organ pencernaan kita bekerja keras bahkan sampai lembur kalau perlu. Kalau bulan bisa ngomong eh salah, kalau organ tersebut bisa ngomong mungkin mereka akan berkata "enak nich bisa istirahat panjang, kapan lagi cuma setahun sekali".
Puasa juga dapat mengurangi radikal bebas, mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang mana kalau terjadi di otak bisa mengakibatkan stroke dan kalau terjadi di jantung dapat menyebabkan penyakit jantung.
Ketika kita berpuasa sel-sel tubuh terdorong untuk ber-regenerasi, dan berat badan pun akan menurun, dan puasa juga dapat meningkatkan volume semen loh! Itu loh! presentase sperma hidup dan jumlah sperma.
Saat berpuasa tubuh kita juga melakukan pembersihan racun dan kotoran (detoxifikasi) karena eh karena dengan kita berpuasa berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga menghasilkan anti oksidan yang berfungsi membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan mengeluarkanya dari dalam tubuh.
Produksi sel darah putih pun meningkat, sel darah putih berfungsi sebagai penagkal kuman penyakit sehingga dapat meningkaykan daya tahan dan kekebalan tubuh.
Nah kalau pas buka puasa kita di sunnahkan berbuka dengan kurma atau makanan dan minuman yang manis WHY? karena makanan dan minuman yang manis adalah bahan bakar siap pakai yang banyak mengandung gula (glukosa) sebagai sumber energi utama bagi tubuh.
Anjuran sahur pun bukan semata-mata untuk menguatkan tenaga selama menunaikan ibadah puasa, tapi juga mengandung makna bahwa puasa itu butuh persiapan agar selama berpuasa produktifitas dan aktifitas sehari-hari tidak terganggu. (dari berbagai sumber)



Baca Juga Yang Ini ...

0 komentar:

Posting Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs