Home » , , » Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Hari Jum'at kemarin (2/10) suasana di Jakarta terlihat ada yang berbeda, pegawai pemda dan pegawai kantoran terutama di pusat-pusat bisnis Jakarta terlihat mengenakan batik. Mereka mengenakan batik sebagai sambutan atas ajakan Presiden SBY untuk mengenakan batik pada tanggal 2 Oktober.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional menyusul ditetapkannya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO dalam sidang badan dunia tersebut di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 28 September - 2 Oktober 2009.
Berita ini tentu sangat menggembirakan ditengah bencana gempa yang melanda Sumatra Barat.
Pengakuan UNESCO ini adalah ketiga kalinya setelah sebelumnya wayang dan keris ditetapkan sebagai warisan budaya.
Menurut Program Specialis bidang kebudayaan UNESCO Masanori Nagaoka,

salah satu ukuran praktis yang dituntut dari negara masing-masing agar salah satu budaya-nya diakui UNESCO sebagai sebuah warisan budaya adalah mengidentifikasi dan menentukan berbagai unsur warisan tak berwujud yang ada dalam satu atau lebih inventarisasi. Dan sekarang Indonesia harus menjaga dan mengelola batik yang ada di Indonesia.

Hal ini tentu saja untuk menjaga agar produk budaya Indonesia tidak lagi diakui oleh negara lain. Ngomong-ngomong saya lagi nulis postingan ini pakai kemeja batik juga loh! Bangga gitu loh! sama produk budaya Indonesia. Ayo kita jaga warisan budaya Indonesia!!!!!!!!!

Sumber: The Jakarta Post


Baca Juga Yang Ini ...

1 komentar:

rinda septiani mengatakan...

aku cinta batik :)

Posting Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs