Kentut, dari mana asalmu?

Anda semua pasti sudah tahu dengan yang namanya kentut dan pasti tidak suka dengan baunya. Memang bau kentut sangat mengganggu penciuman siapa saja. Tapi apakah anda tahu bagaimana terjadinya kentut dan kenapa kentut itu bau?
Menurut dr. Tinuk Agung Meilany SpA, dari Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan Kita, yang dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie, mengatakan kalau kentut berasal dari gas dalam usus. Sedangkan gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.
Makin banyak udara yang di telan maka makin banyak kadar nitrogen dalam kentut, dimana oksigen dari udara terserap oleh tubuh sebelum sampai ke usus. Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Pada umunya gas-gas tersebut diserap kembali dan tidak menimbulkan kentut yang berlebihan.
Karbohidrat dan zat gula secara normal dicerna dan diserap diusus halus. Pada beberapa orang yang kekurangan enzim menyebabkan zat tersebut tidak dicerna seluruhnya atau sebagian dan terbawa hingga ke usus besar dan menjadi bakteri yang nantinya akan menghasilkan gas.
Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang dimakan, berapa banyak udara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus dan berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut maka makin besar proporsi nitrogen karena gas-gas lain terserap oleh darah melalui dinding usus. Tak heran, orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat menyerap oksigen.


Kenapa kentut bau?
Bau kentut tergantung pada komposisi gasnya. Komposisi dan banyaknya gas tergantung pada makanan yang kita makan. Jika memakan makanan yang tinggi protein seperti telur dan daging, maka hasil uraian protein ini bisa menjadi hidrogen sulfida dan atau karbonil sulfida serta merkaptan. Senyawa tersebut mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan maka makin bau lah kentutnya.


Gimana agar kentut tidak bau ya?

Masih menurut dr. Tinuk ada tips supaya kentut tidak bau:

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, artinya jumlah secukupnya sesuai berat badan ideal.
  2. Biasakan BAB setiap hari, agar kotoran sisa makanan yang tidak diserap tubuh lansung terbuang jadi tidak mengendap didalam usus yang tentunya akan menimbulkan kentut yang baunya sangat dahsyaaaaat.



So bagaimana menurut anda sekarang jadi tau kan asal mula kentut, semoga bermanfaat.


» Read More...

Mengapa Islam Mengharamkan Babi ?

Sebenarnya bukan hanya Islam saja yang mengharamkan babi, dua agama samawi lainnya yaitu Yahudi dan Kristen juga mengharamkannya.
Lalu apa sebabnya babi itu diharamkan ? mungkin banyak dari anda yang mempunyai pikiran seperti ini, selain tentunya karena dilarang oleh agama. Dalam tulisan ini saya akan memberikan sekilas pandang tentang binatang yang diharamkan oleh Al Qur'an ini.
Babi adalah binatang yang rakus dan pemalas, dia memakan apapun bahkan kotorannya sendiri. Penelitian kedokteran sejak dulu membuktikan betapa babi merupakan hewan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit pada manusia.
Dalam Al Qur'an disebutkan tentang sebagian manusia durhaka yang dikutuk Allah menjadi monyet dan babi.

Katakanlah : maukah kalian aku beritahu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya di sisi Allah dari itu (orang-orang fasik) yaitu orang-orang yang Allah laknati dan Dia murka kepadanya, lalu Dia jadikan mereka sebagai monyet dan babi dan yang mengibadahi thagut. Mereka itulah seburuk-buruk tempatnya dan paling sesat dari jalan yang lurus. (Al Maidah : 60)

Ada sebagian manusia dari kalangan bani Israil yang dikutuk Allah menjadi babi, bisa jadi gen manusia yang berubah menjadi babi tetap lestari sampai kini.
Menurut peneliti medis organ tubuh babi sangat mirip dengan organ tubuh manusia. Sehingga pernah muncul ide tentang transplantasi organ tubuh manusia dengan organ babi.
Menurut para penikmat babi, rasa daging babi sangat enak jika dibandingkan dengan daging hewan lainnya. Sehingga bisa menimbulkan semacam kecanduan. Menurut seorang muallaf dari Cina, dia masih sering tergoda untuk mencicipi daging babi.
Ada ungkapan "You Are What You Eat" yang kurang lebih artinya Kamu adalah seperti apa yang kamu makan. Jadi jika seseorang banyak memakan daging babi maka sifat-sifat babi akan masuk ke dalam aliran darah dan ikut membentuk karakter dirinya.
Ada sebuah kisah menarik ketika Imam Muhammad Abduh mengunjungi Prancis. Mereka (orang Prancis) bertanya kepada beliau mengenai diharamkannya babi dalam Islam.

Mereka bertanya kepada Imam, "Kalian (umat Islam) mengatakan kalau babi haram, karena ia memakan sampah yang mengandung cacing pita, mikroba, dan bakteri lainnya. Hal itu sekarang sudah tidak ada, karena babi diternakkan dalam peternakan modern dengan kebersihan yang terjamin dan proses sterilisasi yang mencukupi. Bagaimana mungkin babi-babi itu terjangkit cacing pita atau bakteri dan mikroba lainnya ?

Imam Muhammad Abduh tidak langsung menjawab pertanyaan itu, dan dengan kecerdikannya beliau meminta mereka untuk menghadirkan dua ekor ayam jantan dan satu ekor ayam betina, dan juga dua ekor babi jantan dan satu ekor babi betina.

Mendengar permintaan itu mereka bertanya," Untuk apa semua ini ?"

Beliau menjawab, "Penuhi apa yang saya pinta, maka akan saya perlihatkan satu rahasia".

Mereka memenuhi apa yang beliau pinta. Kemuadian beliau memerintahkan agar melepas dua ekor ayam jantan bersama satu ekor ayam betina dalam sebuah kandang. Kedua ayam jantan itu pun berkelahi untuk memperebutkan sang ayam betina untuk dirinya sendiri sampai salah satu dari mereka hampir mati.
Setelah itu beliau memerintahkan untuk melepaskan dua ekor babi jantan dan satu ekor babi betina dalam satu kandang. Kali ini mereka menyaksikan keanehan. Babi jantan yang satu membantu temannya sesama jantan untuk melaksanakan hasrat seksualnya tanpa rasa cemburu, tanpa harga diri atau keinginan untuk menjaga babi betina dari temannya.

Selanjutnya beliau berkata, "Saudara-saudara, daging babi membunuh 'ghirah' orang yang memakannya. Itulah yang terjadi pada kalian. Seorang lelaki dari kalian melihat istrinya bersama lelaki lain dan membiarkannya tanpa rasa cemburu, dan seorang bapak diantara kalian melihat anak perempuannya bersama lelaki asing dan kalian membiarkannya tanpa rasa was-was, karena babi itu menularkan sifat-sifatnya pada orang yang memakannya."

Semoga bermanfaat

refernsi:
www.swaramuslim.net/more-php?id=1719_0_1_0_M

www.sameerr.multiply.com/journal/item/23/Pertanyaan_seputar_Babi

www.encyclopedia.com/doc/1G1-72113051.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Unclean_animal

» Read More...

Misteri Wanita Bergaun Putih


Beberapa hari belakangan masyarakat khususnya di daerah Bogor di gemparkan dengan kabar adanya penampakan sesosok mahluk halus berbentuk pocong. Tidak lama berselang di Depok juga terdengar kabar penampakan sesosok kuntilanak yang berambut panjang dan berjubah/ pakaian putih tampak terekam pada kamera cctv disebuah mall.
Sebenarnya penampakan-penampakan ini bukanlah hal yang baru terjadi dan bukan hanya di Indonesia saja. Di negara-negara barat pun ada orang-orang yang menyaksikan kemunculan mahluk-mahluk halus ini salah satunya yang mungkin paling terkenal adalah sesosok hantu wanita yang memakai pakaian serba putih. Sosok ini dikenal dengan sebutan White Lady atau Lady in White.
Menurut legenda White Lady ini adalah perwujudan seorang wanita yang meninggal secara tragis atau menderita trauma semasa hidupnya. Dan masih menurut legenda bila White Lady muncul disebuah rumah maka berarti ada seorang penghuni rumah itu yang akan meninggal dunia.
Berikut ini adalah bermacam legenda tentang penampakan sosok White Lady dari berbagai negara.

White Lady di Jerman

Sosok White Lady pertama kali dilaporkan muncul di Berliner Schloss pada tahun 1625 dan terus berlanjut samapai tahun 1888. Penampakan tersebut terjadi disebuah istana tempat tinggal raja-raja Prussia sehingga White Lady ini dihubungkan dengan beberapa figur. Diantaranya adalah:

  • Kunigunda of Orlamunde, terlahir dengan nama Iandgravin of Leuchtenberg (Oberpfalz). Ia adalah seorang bangsawan yang di hukum mati karena membunuh anaknya sendiri.
  • Bertha of Rosenberg seorang janda dari Bohemia yang tewas bunuh diri.
  • Kunigunda of Slavonia seorang putri Hungaria yang menikah pertama kali dengan raja Ottokar II of Bohemia lalu menikah lagi dengan salah satu bangsawan Rosenberg.

Dalam mitologi Continental Germanic terdapat sosok bernama Weisse Frauen yang berarti White Woman, mungkin kata perawan dalam bahasa Indonesia berasal dari kata Frauen ini ya, who knows?.
Mereka adalah roh para elf yang kemungkinan berasal dari legenda light elves paganisme Jerman. Mereka digambarkan sebagai sosok cantik dan berkharisma tinggi, yang muncul di siang hari sambil duduk dibawah terik matahari untuk menyisir rambut atau mandi.
Para elf dikabarkan tengah menjaga harta atau istana tertentu. Warna putih dikaitkan dengan kemunculan mereka disiang hari ketika sinar matahari begitu menyilaukan mata. Menurut legenda , para light elves sebelumnya hidup di negeri Alfheim yang merupakan bagian dari surga, di bawah lindungan Freyr sang dewa matahari, hujan dan kesuburan.

White Lady di Amerika Serikat

Ada beberapa urban legend (legenda lokal) menceritakan mengenai kisah White Lady, diantaranya adalah:

  • White Lady of Acra, arwah seorang wanita yang meniggal dalam perjalanan menuju pernikahannya di tahun 1800-an. Banyak tetua yang mengaku pernah melihatnya di jalanan yang sepi.
  • Di Branch Brook Park di Newark, New Jersey, terdapat legenda White Lady of Branch Brook Park. Ada dua versi tentang asal usul White Lady of Branch Brook Park ini, versi pertama mengisahkan bahwa ia adalah pengantin baru yang tewas karena kecelakaan bersama sang suami, versi lainnya mengisahkan tentang sepasang kekasih yang tewas dalam sebuah kecelakaan ketika akan berangkat kesebuah pesta. Walaupun sang pria selamat namun si gadis tewas dan sampai saat ini masih mencari pasangannya.
  • White Lady of Durand Eastman Park kisah seorang ibu yang anaknya diculik dan diperkosa.
  • Bodie bekas sebuah kota tambang terdapat kisah White Lady. Mengisahkan tentang seorang wanita yang tewas gantung diri di penginapan Bridgeport, karena putus asa ditinggalkan mati oleh tunangannya yang tewas terbunuh oleh perampok. Dilaporkan adanya penampakan sosok wanita berpakaian putih dilorong penginapan Bridgeport hingga kini menunggu tunangannya kembali.


White Lady di Inggris Raya

Castle Huntly di Skotlandia, dikabarkan dihantui seorang wanita berpakaian putih yang diperkirakan adalah anak dari keluarga Lyon, pemilik istana tersebut di abad 17. Ketika perselingkuhannya dengan seorang pelayan terkuak, ia dikucilkan di sebuah menara paling tinggi dan akhirnya bunuh diri karena tidak tahan dengan penderitaanya. Sosok tersebut dilaporkan masih sering nampak saat ini.

White Lady di Prancis

Di Prancis White Lady dikenal dengan nama Dames Blanches. Sosok ini mendiami Lorraine dan Normandy tepatnya di pegunungan Pyrenees. Mereka sering muncul didekat gua dan meminta orang-orang yang lewat untuk berdansa sejenak bersamanya. Orang yang bersedia menemani para Dame berdansa tidak akan dilukai, namun yang menolak akan menghilang seketika.
Dipercaya bahwa para Dame Blanches adalah salah atu reinkarnasi dari dewi era pra kristen dimana kata dame disini mengacu pada dewi-dewi penjaga.





» Read More...

Tahukah Anda ???

Setelah lama tidak update blog, sekarang saya muncul lagi dengan posting yang semoga saja bermanfaat untuk siapa saja yang membaca posting ini.
Sebenarnya bingung mau di kasih judul apa postingan ini, karena isinya campur aduk layaknya gado-gado seperti isi dari rachmat blog ini. Oke cukup basa-basinya kita langsung aja.
Tahukah anda ?

  • Kota Hammerfest di Swedia adalah kota paling utara di bumi.
  • Pentagon mempunyai lebih banyak restroom dibanding bangunan lain didunia. Ini dikarenakan pada saat pembangunannya politik perbedaan warna kulit masih ada di Virginia sehingga diperlukan adanya restroom untuk kulit putih dan kulit hitam.
  • Beruang dewasa mempunyai 42 gigi.
  • Kebanyakan dari lipstik mengandung sisik ikan.
  • Jeruk lemon lebih banyak mengandung gula dibanding buah stroberi.
  • 85 persen tanaman yang ada dibumi ditemukan di lautan.
  • Nama asli Ralph Lauren's adalah Ralph Lifshitz.
  • Tokoh kartun Mickey Mouse disebut 'Topolino' di Italia.
  • Darah lobster tidak berwarna namun jika bersentuhan dengan udara/Oksigen akan berubah menjadi biru.
  • Antartika adalah satu-satunya benua yang tidak didiami oleh reptil dan ular.
  • Rambut orang pintar mengandung lebih banyak mineral Zinc (seng) dan Copper (tembaga).
  • Pada tahun 1910 di Cina tercatat ada pasangan suami istri termuda yang berusia 8 dan 9 tahun.
  • Paus (pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma) termuda berusia 11 tahun.
  • Orang Islandia/Iceland mengkonsumsi lebih banyak coca cola dibanding orang-orang dari negara lain.
  • Orang Mesir kuno tidur menggunakan bantal yang terbuat dari batu.
  • Kuda nil dapat membuka mulutnya cukup besar sehingga anak kecil setinggi 3 kaki dapat masuk kedalam mulutnya.
  • Setiap kali anda menjilat perangko anda mengkonsumsi sepersepuluh kalori.
  • Lebih dari seribu burung tewas karena menabrak jendela.
  • Negara bagian Florida di Amerika Serikat mempunyai luas wilayah yang lebih luas dibanding luas wilayah Inggris.
  • Di Islandia/Iceland adalah melanggar hukum jika anda memelihara anjing.
  • Thomas Alfa Edison penemu lampu pijar ternyata takut gelap.
  • Cacing pita memakan tubuhnya sendiri jika tidak menemukan makanan.
  • Lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka.
  • Permen karet tertua berumur 6000 tahun.
  • Diluar angkasa para astronot tidak dapat menangis, karena tiadanya gravitasi yang menyebabkan airmata tidak dapat mengalir.
  • Dalam setiap menit petir menyambar bumi ini sebanyak 6000 kali.
  • Burung hantu adalah satu-satunya burung yang bisa melihat warna biru.
  • Di Swiss membanting pintu mobil adalah melanggar hukum.
  • 95 percen tubuh ubur-ubur adalah air.
  • Sebuah perusahaan di Taiwan memproduksi alat makan dari tepung sehingga anda bisa memakan alat makan tersebut.
  • Gajah adalah mamalia yang tidak bisa melompat.
  • Burung penguin adalah burung yang bisa berenang tapi tidak bisa terbang.
  • Nama paling umum didunia adalah Muhammad.
  • Jerapah bisa membersihkan telinganya sendiri dengan lidahnya yang sepanjang 21 inci.
  • Mengunyah permen karet ketika mengiris bawang dapat mencegah keluarnya airmata.


Untuk sementara ini segini aja dulu, lain waktu dilanjutkan. Jika ada yang ingin menambahkan silakan tulis dikotak komentar nanti saya update. Semoga bermanfaat.

» Read More...

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs