Home » , , » Misteri Wanita Bergaun Putih

Misteri Wanita Bergaun Putih


Beberapa hari belakangan masyarakat khususnya di daerah Bogor di gemparkan dengan kabar adanya penampakan sesosok mahluk halus berbentuk pocong. Tidak lama berselang di Depok juga terdengar kabar penampakan sesosok kuntilanak yang berambut panjang dan berjubah/ pakaian putih tampak terekam pada kamera cctv disebuah mall.
Sebenarnya penampakan-penampakan ini bukanlah hal yang baru terjadi dan bukan hanya di Indonesia saja. Di negara-negara barat pun ada orang-orang yang menyaksikan kemunculan mahluk-mahluk halus ini salah satunya yang mungkin paling terkenal adalah sesosok hantu wanita yang memakai pakaian serba putih. Sosok ini dikenal dengan sebutan White Lady atau Lady in White.
Menurut legenda White Lady ini adalah perwujudan seorang wanita yang meninggal secara tragis atau menderita trauma semasa hidupnya. Dan masih menurut legenda bila White Lady muncul disebuah rumah maka berarti ada seorang penghuni rumah itu yang akan meninggal dunia.
Berikut ini adalah bermacam legenda tentang penampakan sosok White Lady dari berbagai negara.

White Lady di Jerman

Sosok White Lady pertama kali dilaporkan muncul di Berliner Schloss pada tahun 1625 dan terus berlanjut samapai tahun 1888. Penampakan tersebut terjadi disebuah istana tempat tinggal raja-raja Prussia sehingga White Lady ini dihubungkan dengan beberapa figur. Diantaranya adalah:

  • Kunigunda of Orlamunde, terlahir dengan nama Iandgravin of Leuchtenberg (Oberpfalz). Ia adalah seorang bangsawan yang di hukum mati karena membunuh anaknya sendiri.
  • Bertha of Rosenberg seorang janda dari Bohemia yang tewas bunuh diri.
  • Kunigunda of Slavonia seorang putri Hungaria yang menikah pertama kali dengan raja Ottokar II of Bohemia lalu menikah lagi dengan salah satu bangsawan Rosenberg.

Dalam mitologi Continental Germanic terdapat sosok bernama Weisse Frauen yang berarti White Woman, mungkin kata perawan dalam bahasa Indonesia berasal dari kata Frauen ini ya, who knows?.
Mereka adalah roh para elf yang kemungkinan berasal dari legenda light elves paganisme Jerman. Mereka digambarkan sebagai sosok cantik dan berkharisma tinggi, yang muncul di siang hari sambil duduk dibawah terik matahari untuk menyisir rambut atau mandi.
Para elf dikabarkan tengah menjaga harta atau istana tertentu. Warna putih dikaitkan dengan kemunculan mereka disiang hari ketika sinar matahari begitu menyilaukan mata. Menurut legenda , para light elves sebelumnya hidup di negeri Alfheim yang merupakan bagian dari surga, di bawah lindungan Freyr sang dewa matahari, hujan dan kesuburan.

White Lady di Amerika Serikat

Ada beberapa urban legend (legenda lokal) menceritakan mengenai kisah White Lady, diantaranya adalah:

  • White Lady of Acra, arwah seorang wanita yang meniggal dalam perjalanan menuju pernikahannya di tahun 1800-an. Banyak tetua yang mengaku pernah melihatnya di jalanan yang sepi.
  • Di Branch Brook Park di Newark, New Jersey, terdapat legenda White Lady of Branch Brook Park. Ada dua versi tentang asal usul White Lady of Branch Brook Park ini, versi pertama mengisahkan bahwa ia adalah pengantin baru yang tewas karena kecelakaan bersama sang suami, versi lainnya mengisahkan tentang sepasang kekasih yang tewas dalam sebuah kecelakaan ketika akan berangkat kesebuah pesta. Walaupun sang pria selamat namun si gadis tewas dan sampai saat ini masih mencari pasangannya.
  • White Lady of Durand Eastman Park kisah seorang ibu yang anaknya diculik dan diperkosa.
  • Bodie bekas sebuah kota tambang terdapat kisah White Lady. Mengisahkan tentang seorang wanita yang tewas gantung diri di penginapan Bridgeport, karena putus asa ditinggalkan mati oleh tunangannya yang tewas terbunuh oleh perampok. Dilaporkan adanya penampakan sosok wanita berpakaian putih dilorong penginapan Bridgeport hingga kini menunggu tunangannya kembali.


White Lady di Inggris Raya

Castle Huntly di Skotlandia, dikabarkan dihantui seorang wanita berpakaian putih yang diperkirakan adalah anak dari keluarga Lyon, pemilik istana tersebut di abad 17. Ketika perselingkuhannya dengan seorang pelayan terkuak, ia dikucilkan di sebuah menara paling tinggi dan akhirnya bunuh diri karena tidak tahan dengan penderitaanya. Sosok tersebut dilaporkan masih sering nampak saat ini.

White Lady di Prancis

Di Prancis White Lady dikenal dengan nama Dames Blanches. Sosok ini mendiami Lorraine dan Normandy tepatnya di pegunungan Pyrenees. Mereka sering muncul didekat gua dan meminta orang-orang yang lewat untuk berdansa sejenak bersamanya. Orang yang bersedia menemani para Dame berdansa tidak akan dilukai, namun yang menolak akan menghilang seketika.
Dipercaya bahwa para Dame Blanches adalah salah atu reinkarnasi dari dewi era pra kristen dimana kata dame disini mengacu pada dewi-dewi penjaga.





Baca Juga Yang Ini ...

10 komentar:

Shin-kun mengatakan...

Nah, dah bisa komen2 neh sekarang :D, hehehe... Hmmmm, serem juga ya Sob, ternyata gak cuma di Indonesia yak cerita hantunya yang santer2... hiiiiyyyy....

blogserba mengatakan...

Hiiii serem tuch ...
Tapi bagus juga legendanya ...
Great Post Sob, keep in spirit !!

harto mengatakan...

Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1431 Hijriyah

Aneuk Nanggroe mengatakan...

deket Rumah gua dulu juga ada white Lady..

tuh Lady Albino gan.?

kesiaaann banget lo..

Rachmat blog mengatakan...

@shin-kun: iya sob, hantu ternyata ada dimana-mana.
@blogserba: thanx kang!
@harto: emang kita bikin dosa ga' terasa, tau-tau udah satu tahun numpuk tuh dosa. Selamat tahun baru juga kang.
@aneuk nanggroe: wkwkwk

harto mengatakan...

hiiii seerrreeemmm..... saya kira cuma di Indonesia aja yang ada hantu kayak gituuu, ternyataaaa......

eduanwar mengatakan...

wah serem ya..... tapi menurut aku gak seserem di indonesia .... di indonesia hantu hantunya pada serem .....

eduanwar mengatakan...

wah serem ya..... tapi menurut aku gak seserem di indonesia .... di indonesia hantu hantunya pada serem .....

Elsa mengatakan...

kenapa kok LADY semua ya??
yang laki-laki masak gak ada...

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs