Home » , » Ring of Fire

Ring of Fire

Pacific Ring of Fire atau biasa disebut Ring of Fire (Cincin Api) adalah zona dimana terdapat banyak aktifitas seismik. Zona yang berbentuk seperti tapal kuda ini terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit (palung) didasar laut, memiliki panjang lebih dari 40000 km memanjang dari barat daya Amerika Selatan dibagian timur hingga ke sebelah tenggara benua Australia di sebelah barat. Pada zona yang disebut Cincin Api inilah banyak terjadi gempa dan letusan gunung berapi. Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini.
Pada tahun 1960-an para ahli mengemukakan sebuah teori yang dinamakan "lempeng tektonik" yang menjelaskan tentang lokasi gunung berapi dan gejala-gejala geologi.
Menurut teori tersebut, permukaan bumi terbentuk dari rangkaian lempeng-lempeng tektonik dengan ketebalan lebih kurang 80 km, dimana lempeng-lempeng tersebut bergerak, berubah posisi dan ukuran dengan kecepatan 1-10 cm per tahun atau bisa disamakan dengan pertumbuhan kuku jari manusia.
Di bawah laut terus menerus terjadi pembentukan kerak bumi akibat lava yang keluar dari gunung berapi bawah laut yang langsung bertemu dengan air laut sehingga mengeras.
Maka untuk memberi ruang pada dasar laut yang baru jadi tadi semua lempeng bumi bergerak, dan saat mereka bergerak terjadilah aktifitas geologi pada tepian lempeng tersebut.
Ketika lempeng bumi bergerak dapat terjadi tiga kemungkinan :

  • lempeng-lempeng bergerak saling menjauhi sehingga memberikan ruang untuk dasar laut yang baru.

  • lempeng saling bertumbukan yang menyebabkan salah satu lempeng terdesak kebawah dari lempeng yang lain.

  • tepian lempeng meluncur tanpa pergesekan yang berarti.


Ring of Fire terbentuk akibat pergesekan lempeng tektonik seperti terlihat pada gambar di bawah.


Di sisi timur Cincin Api terbentuk akibat lempeng Nazca dan lempeng Cocos bertumbukan mendorong lempeng Amerika Selatan ke arah barat. Lempeng Pasifik dan lempeng kecil Juan de Fuca terdorong ke bawah lempeng Amerika Utara. Sepanjang sisi utara lempeng Pasifik bergerak kearah barat laut terdorong kebawah busur vulkanik Pulau Aleutian. Dibagian barat lempeng Pasifik terdorong sepanjang Semenanjung Kamchatka-Kurile diselatan Jepang. Di bagian selatan Lempeng Pasifik bertumbukan dengan banyak lempeng-lempeng kecil, yang terbentang dari Kepulauan Mariana, Philipina, Bougenville, Tonga sampai Selandia Baru.
Indonesia terltak diantara Cincin Api dan Sabuk Alpide yang membentang dari Nusa Tenggara, Bali, Jawa, Sumatra, terus ke Himalaya, Mediterania dan berujung di Samudra Atlantik. Inilah sebabnya di Indonesia banyak gunung berapi aktif dan banyak terjadi gempa seperti yang baru-baru ini terjadi di Sumatra Barat. Gunung-gunung berapi di Indonesia termasuk yang paling aktif dalam jajaran gunung berapi pada Ring of Fire. Gunung berapi di Indonesia terbentuk dalam zona subduksi lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.


sumber:
Wikipedia Pacific Ring of Fire
USGS Description : Ring of Fire, Plate Tectonics, Sea Floor Spreading, Subduction Zone, Hot Spot.

Baca Juga Yang Ini ...

2 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
trims informasinya.
wah prihatin dong ya,,negara kita rawan akan segala bencana,,karena gunung2 aktif.
semoga ALLAH SWT selalu melindungi amiinn...

salam dari NURA.

harto mengatakan...

Waahh... jadi nambah ilmu nih. Semoga tidak ada lagi bencana2 gempa dan yang lainnya. Dan Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari cobaan2-Nya. Trims infonya Pak... sangat bermanfaat

Poskan Komentar

rachmat blog is part of dofollow blog

Cari Blog Ini

Popular Posts

Recent Post

Recent Comment

Widget by ReviewOfWeb

Personal blogs Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory blogarama - the blog directory blogs
Best Blogs